Selasa, 01 Januari 2013

Mengenal Program Aplikasi Komputer


WinRAR
WinRAR 4.20
WinRAR 4.20
WinRAR adalah program aplikasi utilitas yang berguna untuk mengkompresi (memperkecil / memampatkan ukuran file) dan mengekstrak file (mengurai file yang telah dimampatkan / dikompresi). Versi terbaru program ini adalah WinRAR 4.20, yang dirilis pada tanggal 14 Juni 2012. Software WinRAR dibuat dan dikembangkan oleh Eugene Roshal.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada ukuran filenya yang kecil, kecepatannya dalam bekerja, dan luasnya cakupan format file kompresi yang disupportnya. WinRAR bisa menangani format file RAR, ZIP, ARJ, LZH, TAR, GZ, ACE, UUE, BZ2, JAR, ISO, EXE, 7z, dan Z. Utilitas ini juga bisa digunakan untuk membuat file self-extractor (file kompresi yang bisa mengekstrak sendiri tanpa program bantu) dan multi-volume (memecah data yang dikompresi menjadi beberapa file dengan ukuran tertentu). Demikian juga fitur pengamanan filenya sangat bagus. WinRAR juga tersedia dalam berbagai bahasa, lebih dari 40 bahasa.

Program WinRAR banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer. WinRAR merupakansoftware gratis (shareware) dengan masa uji coba gratis 40 hari dan komersial dengan harga lisensi $29 USD. WinRAR dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2008. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel Pentium atau yang kompatibel, memori (RAM) 64 MB, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 3 MB.

Avast! Free Antivirus

Avast! Free Antivirus 7
Avast! Free Antivirus 7
Avast! Free Antivirus adalah program aplikasi keamanan yang berguna untuk membersihkan virus (antivirus). Versi terbaru program ini adalah Avast! Free Antivirus 7, yang dirilis pada tanggal 21 Agustus 2012. Software Avast! Free Antivirus dibuat dan dikembangkan oleh AVAST Software a.s..


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada ketersediaannya dalam berbagai platform sistem operasi dan lengkapnya fitur keamanan yang ada. Fitur yang terdapat pada versi gratis ini antara lain antivirus dan anti-spyware, anti-rootkit, dan proteksi untuk file, email, web, peer-to-peer, script, jaringan, dan lainnya.

Program Avast! Free Antivirus banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer. Avast! Free Antivirus merupakan software gratis (freeware). Avast! Free Antivirus dapat dijalankan di sistem operasi Windows 2000 SP4, Windows XP SP2, Windows Vista, Windows 7, tersedia juga untuk Mac OS X dan Linux. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Pentium 3, memori (RAM) 128 MB, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 200 MB.


Smadav

Smadav 2012 Rev. 9.1
Smadav 2012
Smadav adalah program aplikasi keamanan yang berguna untuk membersihkan virus komputer (antivirus). Versi terbaru program ini adalah Smadav 2012 Rev. 9.1, yang dirilis pada tanggal 09 Oktober 2012. Software Smadav dibuat dan dikembangkan oleh putra Indonesia, Zainuddin Nafarin.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemampuannya untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus lokal, yang biasanya luput dari scanning antivitus luar negeri. Smadav juga bisa dikombinasikan untuk melengkapi antivirus lain yang sudah terinstal di komputer. Jadi, Smadav untuk menangani virus lokal, sedangkan antivirus lain untuk menangani virus internasional. Smadav juga menyediakan fitur proteksi USB flashdisk, karena piranti inilah yang menjadi salah satu media sumber penyebaran virus terbanyak di Indonesia.

Program Smadav banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer di Indonesia. Smadav merupakan software gratis. Smadav dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda tidak memerlukan spesifikasi minimal minimal tertentu, karena ukuran program cukup kecil.


TopStyle Lite

TopStyle Lite
TopStyle Lite
TopStyle Lite adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk membuat dan mengedit CSS (CSS Editor). Versi terbaru program ini adalah TopStyle Lite 3.5, yang dirilis pada tanggal 15 Oktober 2007. Software TopStyle Lite dibuat dan dikembangkan oleh Bradbury Software, LLC. Adapun rilis terbaru untuk versi komersialnya adalah TopStyle 4, yang dirilis 31 Mei 2009.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada fasilitasnya yang memungkinkan pemrograman CSS bisa dilakukan secara visual. Sama seperti halnya HTML, CSS (Cascading Style Sheet) yang lazim dipakai untuk melayout tampilan halaman web biasanya hanya di-koding menggunakan teks editor standar. TopStyle Lite mempermudah pengguna untuk melihat langsung hasil kode CSS-nya dan menyusun atau mengeditnya kembali dengan bantuan fitur Style Inspector-nya.

Program TopStyle Lite banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang Web Desainer dan Web Programmer. TopStyle Lite merupakan software gratis yang bersifat Freeware. TopStyle Lite dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Pentium 300 MHz, memori (RAM) 64 MB, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 4,6 MB.


SPSS

SPSS
SPSS
SPSS adalah program aplikasi bisnis yang berguna untuk menganalisa data statistik. Versi terbaru program ini adalahSPSS 20, yang dirilis pada tanggal 16 Agustus 2011. Software SPSS dibuat dan dikembangkan oleh SPSS Inc. yang kemudian diakuisisi oleh IBM Corporation.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaannya dalam mengolah dan menganalisis data statistik. Fitur yang ditawarkan antara lain IBM SPSS Data Collection untuk pengumpulan data, IBM SPSS Statistics untuk menganalisis data, IBM SPSS Modeler untuk memprediksi tren, dan IBM Analytical Decision Management untuk pengambilan keputusannya.

Program SPSS banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang bisnis, perkantoran, pendidikan, dan penelitian. SPSS merupakan software komersial dengan harga lisensi $5,120 USD. SPSS dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mac OS, dan Linux. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel atau AMD dengan kecepatan 1 GHz, memori (RAM) 1 GB, resolusi monitor 1024x768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 800 MB.


Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager (IDM)
Internet Download Manager (IDM)
Internet Download Manager (IDM) adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk mengelola tugas download di internet. Versi terbaru program ini adalah Internet Download Manager (IDM) 6.1.1, yang dirilis pada tanggal 07 Juni 2012. Software Internet Download Manager (IDM) dibuat dan dikembangkan oleh Tonec Inc.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemampuannya untuk mengelola proses download dari berbagai web browser. Software ini akan mengambli alih tugas download yang dijalankan dari sebuah browser. Proses download juga bisa langsung dijalankan dari program ini dengan cara mengisikan URL file yang akan didownload. IDM juga bisa digunakan untuk mendownload video dari berbagai layanan video online seperti YouTube. Seperti software download manager lainnya, IDM juga mendukung penjadwalan download, melanjutkan proses download yang terputus, multiple download, dan sejenisnya.

Program Internet Download Manager (IDM) banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna internet. Internet Download Manager (IDM) merupakan software komersial (shareware) dengan harga lisensi $29.95 USD. Internet Download Manager (IDM) dapat dijalankan di sistem operasi Windows 98/2000/XP/Vista/Win 7.


XAMPP

XAMPP for Windows
XAMPP for Windows
XAMPP adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Versi terbaru program ini adalah XAMPP 1.7.7, yang dirilis pada tanggal 20 September 2011. Software XAMPP dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache untuk simulasi pengembangan website. Tool pengembangan web ini mendukung teknologi web populer seperti PHP, MySQL, dan Perl. Melalui program ini, programmer web dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikannya ke pihak lain secara langsung dari komputer, tanpa perlu terkoneksi ke internet. XAMPP juga dilengkapi fitur manajemen database PHPMyAdmin seperti pada server hosting sungguhan, sehingga pengembang web dapat mengembangkan aplikasi web berbasis database secara mudah.

Program XAMPP banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang pemrograman web. XAMPP merupakan software gratis. XAMPP dapat dijalankan di sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/7 dan sistem operasi lain. Untuk menginstall versi terbaru program ini, Anda cukup menginstal file installer XAMPP ke komputer Windows Anda.


Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver CS6
Adobe Dreamweaver CS6
Adobe Dreamweaver adalah program aplikasi pengembangyang berguna untuk mendesain web. Versi terbaru program ini adalah Adobe Dreamweaver CS6, yang dirilis pada tanggal 21 April 2012. Software Adobe Dreamweaver dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaannya. Pembuatan website dapat dilakukan secara visual, sehingga hasilnya dapat langsung terlihat. Interface disajikan dalam mode visual tanpa kode HTML atau dalam mode HTML. Teknologi web yang didukung juga sangat beragam dan terkini, termasuk untuk kebutuhan pengembangan aplikasi mobile.

Program Adobe Dreamweaver banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidangdesainer dan programmer web. Adobe Dreamweaver merupakan software komersial. Adobe Dreamweaver dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP SP2, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64, memori (RAM) 512 MB, resolusi monitor 280x800 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1 GB.


Pixie

Pixie 4.1
Pixie 4.1
Pixie adalah program aplikasi utilitas yang berguna untuk menangkap kode gambar atau color picker. Versi terbaru program ini adalah Pixie 4.1. Software Pixie dibuat dan dikembangkan oleh Nattyware.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaannya dalam menangkap kode gambar. Tool ini sangat kecil ukuran filenya, hanya 11 KB. Pengguna tidak perlu menginstal, cukup menjalankan file .exe nya maka tool akan tampil di layar, melayang di atas setiap jendela yang aktif. Kode gambar yang bisa ditangkap meliputi kode HEX, HTML, RGB, CMYK, dan HSV. Cara kerjanya, pengguna cukup menjalankan file .exe tool ini, lalu mengarahkan pointer ke objek di layar yang ingin diambil kode warnanya. Untuk menangkap kode, pengguna cukup menekan kombinasi tombol shortcut-nya, misalnya untuk menangkap kode HTML warna di layar, ditekan Ctrl + Alt + C. Kode selanjutnya dapat dipaste (Ctrl + V) di kotak kode warna pada color palette program desain grafis atau desain web, atau langsung disisipkan di editor teks (misalnya saat mengedit HTML).

Program Pixie banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang desain grafis dan web. Pixie merupakan software gratis. Pixie dapat dijalankan di sistem operasi Windows 2000, XP, Windows Vista atau Windows 7.


Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird 13
Mozilla Thunderbird 13
Mozilla Thunderbird adalah program aplikasi komunikasiyang berguna untuk membaca email (email client) dan RSS feed (Feed Reader). Versi terbaru program ini adalah Mozilla Thunderbird 13, yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2012. Software Mozilla Thunderbird dibuat dan dikembangkan olehMozilla Foundation.


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur pengelolaan email secara lokal di komputer. Setting daftar akun email, pencarian pesan, pembacaan beberapa email bersamaan bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Fitur filter atau penyortiran pesan email memudahkan Anda mengelompokkan atau merunut kronologi pesan. Demikian juga, fitur pengamanannya siap memperkecil resiko timbulnya ancaman dari email yang masuk.

Program Mozilla Thunderbird banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna internet. Mozilla Thunderbird merupakan software gratis yang bersifat open source. Mozilla Thunderbird dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP SP2, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7, Mac OS, dan Linux. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel Pentium 4 atau setara, memori (RAM) 1 GB, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 200 MB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar